1. Seorang siswa
diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu
didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan
dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan
interaksional
C. kemampuan integrasi
diri
D. kemampuan
komunikatif
2. Pernyataan berikut
yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan untuk
memecahkan masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir
untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15
tahun
4. Menggunakan potongan
sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA
serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak
yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami
bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya
(sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek
yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan peserta
didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta
didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi
kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang
memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung
belajar sendiri.
Peserta didik tersebut
mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
7. Peserta didik telah
memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak
didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan
contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran
pascakonvensional
B. penalaran
konvensional
C. penalaran
prakonvensional
D. penalaran
interkonvensional
8. Individu memandang
apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia
mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai
sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut
merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam
hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan
diri
C. penciptaan
hubungan yang baik
D. menformulasikan
tindakan
10. Seorang peserta
didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih
senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai
menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut
dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan
kognitif
B. budaya dan
pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan
masyarakat
D. emosional dan
kepribadian
11. Seorang peserta
didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat
ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami
kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara
konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling
adalah....
A. Membantu siswa agar
dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar
dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar
dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar
memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang
belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar
(stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering
hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin
kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud
adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses
pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk
mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error),
mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus
beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini
merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini,
peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan
memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini
berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut
pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini
siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal
ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh
dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang
menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan
pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah
teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran
yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh
peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan
pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
B. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
D. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah
pembelajaran
20. Silabus dan RPP
sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
A. Silabus berisi
kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus bersumber
dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar
kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh
setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus
keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah satu prinsip
dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan
ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari
silabus
D. Alokasi waktu sesuai
dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa
komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut
......
1) Kompetensi dasar
:Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator :
menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran
: setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri
kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan
komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan
keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman,
analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman,
sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman,
analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi Anderson
dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah
kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman,
analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman,
aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman,
sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model pembelajaran
yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif,
memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan
kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat,
adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting
dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses
pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia
untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah
yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik
yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar
siswa
27. Fungsi indikator
dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar
kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan
pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
28. Apa yang paling
tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas
pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta
didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik
agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi
pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri
pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis
sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman,
tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan
tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya hubungan yang
konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas
yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu
sumber
31. Dalam memilih dan
mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi
pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan
pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan
materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa
kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan
materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media
pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada
kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil,
kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut
dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks
penggunaan
34. Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran
dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan
dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih
media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus
mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus
memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus
menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang
tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat
dibagi ke dalam..
A. media yang
memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B. media yang dpat
didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional
dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi
dan media tiga dimensi
36. Di ruang media
tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai
seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih
media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini.
Pertimbangan dalam
memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran
didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik,
karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran
didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah,
tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang guru harus
mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan
pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media
pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran
yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat
digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat
digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. memilih media tidak
perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap materi
pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan
peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru
sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan
video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada
pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek
yang terlalu besar
B. Membuat konkrit
konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek
yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang
berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki
fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam
membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru
ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah
salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek
yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang
berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret
konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek
yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang guru ingin
membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat
pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh
guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang
ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran
berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling
dalam istilah internet tersebut adalah…
A. program mencari
informasi
B. program desktop
publishing
C. program untuk
menjelajahi laman
D. program penciptaan
laman
42. Saat kita akan
informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet
yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang
berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan
membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai
dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk
memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
- Microsoft Database
- Microsoft PowerPoint
- Microsoft Desktop Publishing
- Microsoft Word
44. Seorang guru dapat
menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran.
Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread
Sheet
C. Microsoft
powerpoint
D. Microsoft Desktop
Publishing
45. pertanyaan,
mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan
Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam
mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya,
dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan
membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek
(materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang
dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based
learning
B. discovery Learning
C. Problem Based
Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini
melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan
Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based
learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based
learning
48. Berikut ini
merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based
learning :
1) Penentuan Pertanyaan
Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal
(Create a Schedule),
4) Memonitor peserta
didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project),
5) Menguji Hasil
(Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar
adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa
dalam belajar
2) Orientasi siswa pada
masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah
tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning,
urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru,
sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru,
tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan
peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target
satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan
sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan
pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau
kuantitatif.
52. Fungsi indikator
dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar
kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan
pembelajaran
D. Pencapaian standar
kelulusan
53. Untuk menentukan
tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat
pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan
pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah
siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu yang
tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang
diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru
menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang
digunakan
B. Kurikulum dan
silabus
C. Indikator
pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu prinsip
dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu
artinya:
A. penilaian
berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan
bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan
kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus
berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian
hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir
soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang
diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang
digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk
ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk mengetahui
prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan
belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian
pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil
belajar peserta didik
B. Penilaian proses
pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus
dan RPP
D. Penilaian standar
kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah
penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian
dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh
kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya,
bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada
aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan
bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam
kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan
materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test
tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan
sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut
instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan
program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
A. proses pengajaran
remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran
remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang
dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah satu prinsip
merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang
saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64. . Kriteria
ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan
oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang
kompetensi
B. Nilai minimal yang
dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal yang
dicapai peserta didik
D. Nilai batas ambang
kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian
menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran
jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil
belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam
proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic
assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini
menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang
dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar
yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN)
mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang
dimaksud adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan
patokan
D. penilaian acuan
norma
68. Kurikulum 2013
menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan
kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan
pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan
belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan
karakteristik peserta didik.
Dengan demikian,
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan
....
a. Penilaian
berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan
patokan
d. Penilaian acuan
norma
69. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat
penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan
belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran
remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil
belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut,
kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang
didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang
dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya,
hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang
baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar
peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk
mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan acuan
kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data
hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya
tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga
mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang
mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan
oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan
siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi
pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas
mengerjakan Lembar Kerja Siswa
78. Upaya merancang
pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan
materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test
tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan
sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut
instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan
program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
A. proses pengajaran
remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran
remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting
pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang
dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip
merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang
saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar dapat menyusun
hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah
satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi
masalah
C. Merancang PTK dengan
mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal
penelitian
82. Mengetahui proses
tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan
kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah
tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK
terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus
menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian
lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A. observasi -->
refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan -->
observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah
dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh
permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2
Boyolali?
B. Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya
jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA
Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara
menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian
tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan
kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik
akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk
membantu guru
D. kepedulian peneliti
akan kinerja guru
86. Di bawah ini adalah
prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto,
kecuali….
A. Kesadaran diri untuk
memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang
direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan
sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang
lingkup
88. Peran guru dalam
PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini
kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan
intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun
generalisasi
91. Merenungkan kembali
tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut
PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang,
tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK
khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
93. Persiapan awal
dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara
wawancara
B. Membuat analisis
kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas
dan sarana
94. Proposal penelitian
dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk
mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang
komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek
penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini
langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi
dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan
hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan
inperetasi.
96. Kegiatan yang harus
dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak
hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan
dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai
kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai
kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi
positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan yang harus
dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan
refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis
tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan
evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan
model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi
merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah
guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya
adalah ....
A. Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran
pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi terhadap
pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu
pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa
prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran
pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh
peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui
keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik
mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan
peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang
dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang
dapat menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan
diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta
didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses
pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi
awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta
didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita
lakukan
No comments:
Post a Comment