RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah
|
:
|
MA A-Syarifiyah Bondan
|
Mata Pelajaran
|
:
|
FIQIH
|
Kelas/semester
|
:
|
X /1
|
Materi Pokok
|
:
|
Kurban dan Akikah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 Pertemuan (8 JP)
|
A. KOMPETENSI INTI
K.I.1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
K.I.2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
K.I.3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
K.I.4.
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI (IPK)
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.2
|
Meyakini perintah berkurban dan akikah
|
|
2.2
|
Membiasakan sikap dermawan sebagai implementasi
dari pemahaman ketentuan kurban dan akikah
|
|
3.2
|
Memahami ketentuan kurban dan akikah
|
|
4.2
|
Menyajikan contoh tata cara pelaksanaan kurban akikah
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran :
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran :
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran :
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti serangkaian
kegiatan pembelajaran :
D. MATERI PEMBELAJARAN
MATERI PEMBELAJARAN POKOK
MATERI PEMBELAJARAN PENGAYAAN
MATERI PEMBELAJARAN
REMIDIAL
E. METODE PEMBELAJARAN
Ø Pendekatan :
Scientific
Ø Model pembelajaran : Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
Ø Metode :
Tanya jawab, ceramah, diskusi, demontrasi
F. MEDIA DAN BAHAN
Ø Media :
Gambar kurban dan akikah, diambil dari buku
fikih kelas X.
Slide power point disusun oleh pendidik.
LCD proyektor
Komputer
Ø
Bahan
G. SUMBER BELAJAR
- Fahrurrozi, Buku Siswa Fiqih X, Jakarta
: Direktorat Penma Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, 2014.
- Sulaiman
Rasyid, Fikih Islam, cet. 27, Bandung : Sinar Baru Algensindo,
1994.
- Taqiyyuddin Abu Bakar, Kifayatul Akhyar, Surabaya
: Nur Amaliyah, tt.
- Departemen Agama RI, AL Qur`an dan Terjemahnya, Semarang
: Toha Putra, 1990.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
HOTS/4C/ Karakter/ Literasi
|
Alokasi Waktu
|
||||
1
|
PERTEMUAN PERTAMA
|
|
|
||||
|
Pendahuluan
ü
Pendidik mengucapkan salam dan
berdoa bersama.
ü
Pendidik memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
ü
Pendidik memotivasi peserta didik
dan memberikan apersepsi tentang materi yang akan dipelajarai dan
mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
ü
Pendidik memberikan informasi
tentang tujuan dan manfaat mempelajari kurban dalam kehidupan sehari-hari
peserta didik.
ü
Pendidik memberikan penjelasan
tentang tahapan kegiatan pembelajaran
ü
Pendidik menyiapkan media/alat
peraga/alat bantu pembelajaran.
|
Pembinaan Karakter
Literasi
Literasi
|
15
m
|
||||
|
Kegiatan inti
ü
Pendidik dan peserta
didik tanya jawab tentang kurban. Contoh :
Siapa
yang pernah berkurban?
Hewannya
apa?
Kapan
disembelih?
Siapa
yang menyembelih? Dan seterusnya.
ü
Intisari jawaban peserta
didik ditulis di papan tulis.
ü
Pendidik meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan
materi kurban
ü
Pendidik meminta
peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya tentang gambar yang disajikan
dengan mengangkat tangan terlebih dahulu.
ü
Peserta didik
mengemukakan hasil pengamatan gambarnya, peserta didik lain mendengarkan
ü
Pendidik memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik
tentang hasil pengamatannya
ü
Pendidik memotivasi peserta didik untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang pemahaman kurban.
ü
Pendidik memberi tugas
secara berkelompok untuk membaca dan memahami materi tentang pengertian
kurban, dalil dan hukum kurban, sejarah singkat kurban, syarat-syarat hewan
kurban dan hal-hal yang disunatkan dalam qurban
ü
Pendidik membagi
pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok satu pertanyaan, kemudian
mendiskusikan pertanyaan tersebut.
ü
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi secara ringkas di depan kelas. Kelompok yang
lain mengamati dan memberi tanggapan.
|
Kritis
HOT
Literasi
Kritik
Kritik, komunikasi, kreatif
Kolaboratif
Kolabiratif
Kolaboratif, kreatif, kritis, komunikatif,
HOT
|
65 m
|
||||
|
Penutup
ü
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
ü
Pendidik memberi apresiasi
terhadap hasil kerja siswa
ü
Pendidik menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur menghafalkan dalil tentang kurban.
ü
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa
|
Literasi
Pembinaan Karakter
|
10 m
|
||||
2
|
PERTEMUAN KEDUA
|
|
|
||||
|
Pendahuluan
ü
Pendidik mengucapkan salam dan
berdoa bersama.
ü
Pendidik memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
ü
Pendidik memotivasi peserta didik
dan memberikan apersepsi tentang materi yang akan dipelajarai dan
mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
ü
Pendidik memberikan informasi
tentang tujuan dan manfaat mempelajari kurban dan akikah dalam kehidupan sehari-hari
peserta didik.
ü
Pendidik memberikan penjelasan
tentang tahapan kegiatan pembelajaran
ü
Pendidik menyiapkan media/alat
peraga/alat bantu pembelajaran.
|
Pembinaan Karakter
Literasi
Literasi
|
15
M
|
||||
|
Kegiatan inti
ü
Pendidik dan peserta
didik melaksanakan tanya jawab tentang kurban.
ü
Pendidik meminta
peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi kurban dan akikah
ü
Pendidik meminta
peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya tentang gambar yang disajikan
dengan mengangkat tangan terlebih dahulu.
ü
Peserta didik
mengemukakan hasil pengamatan gambarnya, peserta didik lain mendengarkan
ü
Pendidik memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil
pengamatannya
ü
Pendidik memotivasi
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pemahaman
penyembelihan.
ü Pendidik memberi tugas secara berkelompok untuk membaca dan
memahami materi tentang pembagian daging kurban, waktu
pelaksanaan qurban, tata cara penyembelihan hewan kurban.
ü
Pendidik membagi
pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok satu pertanyaan, kemudian
mendiskusikan pertanyaan tersebut.
ü
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi secara ringkas di depan kelas. Kelompok yang
lain mengamati dan memberi tanggapan.
ü
Pendidik memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang
materi tersebut.
ü
Pendidik dan peserta didik
menyimpulkan intisari pembelajaran
|
Literasi
Kritik
Literasi, Kolaboratif
Kolaboratif
Kolaboratif, komunikatif, kreatif,
kritis, HOT
|
65 m
|
||||
|
Penutup
ü
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
ü
Pendidik memberi apresiasi
terhadap hasil kerja siswa
ü
Pendidik menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur menghafalkan dalil tentang aqiqah.
ü
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa
|
Literasi
Pembinaan Karakter
|
10 m
|
||||
3
|
PERTEMUAN KETIGA
|
|
|
||||
|
Pendahuluan
ü
Pendidik mengucapkan salam dan
berdoa bersama.
ü
Pendidik memeriksa kehadiran,
kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
ü
Pendidik memotivasi peserta didik
dan memberikan apersepsi tentang materi yang akan dipelajarai dan
mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
ü
Pendidik memberikan informasi
tentang tujuan dan manfaat mempelajari akikah dalam kehidupan sehari-hari peserta
didik.
ü
Pendidik memberikan penjelasan
tentang tahapan kegiatan pembelajaran
ü
Pendidik menyiapkan media/alat
peraga/alat bantu pembelajaran.
|
Pembinaan Karakter
Literasi
Literasi
|
15
M
|
||||
|
Kegiatan inti
ü
Pendidik dan peserta
didik tanya jawab tantang akikah. Contoh :
Apakah
ada tetangga kalian yang baru saja melaksanakan akikah?
Kenapa
mereka melaksanakan akikah?
Apa
saja yang dilaksanakan ketika melaksanakan akikah?
Kapan
akikah dilaksanakan? Dan seterusnya
ü
Intisari jawaban
peserta didik ditulis di papan tulis.
ü
Pendidik meminta
peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi akikah
ü
Pendidik meminta
peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya tentang gambar yang disajikan
dengan mengangkat tangan terlebih dahulu.
ü
Peserta didik
mengemukakan hasil pengamatan gambarnya, peserta didik lain mendengarkan
ü
Pendidik memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil
pengamatannya
ü
Pendidik memotivasi
peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pemahaman
penyembelihan.
ü Pendidik memberi tugas secara berkelompok untuk membaca dan
memahami materi tentang pengertian akikah, hukum akikah, dalil akikah, syarat-syarat hewan akikah, hal-hal yang disunatkan
dalam akikah, pembagian daging akikah, waktu pelaksanaan akikah, tata
cara penyembelihan hewan akikah dan
perbedaan antara kurban dan akikah.
ü
Pendidik membagi
pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok satu pertanyaan, kemudian
mendiskusikan pertanyaan tersebut.
ü
Setiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusi secara ringkas di depan kelas. Kelompok yang lain mengamati dan
memberi tanggapan.
ü
Pendidik memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang
materi tersebut.
ü
Pendidik dan peserta didik
menyimpulkan intisari pembelajaran
|
HOT
Literasi
Kritik
Kritik, komunikasi, kreatif
Kritis
Kolaboratif
Kolabiratif
Kolaboratif, komunikatif, kreatif,
kritis, HOT
|
65
m
|
||||
|
Penutup
ü
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
ü
Pendidik memberi apresiasi
terhadap hasil kerja siswa
ü
Pendidik menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur.
ü
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa
|
Literasi
Pembinaan Karakter
|
10
m
|
||||
4
|
PERTEMUAN KEEMPAT
|
|
|
||||
|
Pendahuluan
ü
Pendidik
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
ü
Pendidik
memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
ü
Pendidik
memotivasi peserta didik dan memberikan apersepsi tentang materi yang akan
dipelajarai dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
ü
Pendidik
memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari penyembelihan
hewan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
ü
Pendidik
memberikan penjelasan tentang tahapan kegiatan pembelajaran
ü
Pendidik
menyiapkan media/alat peraga/alat bantu pembelajaran.
|
Pembinaan Karakter
Literasi
Literasi
|
15
M
|
||||
|
Kegiatan inti
ü
Pendidik meminta
peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan tata cara kurban dan akikah
ü
Pendidik meminta peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya tentang gambar yang
disajikan dengan mengangkat tangan terlebih dahulu.
ü
Peserta didik mengemukakan hasil
pengamatan gambarnya, peserta didik lain mendengarkan
ü
Pendidik memberikan penjelasan
tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil
pengamatannya.
ü
Setiap kelompok merinci tata cara melaksanakan penyembelihan kurban dan
akikah.
ü
Kelompok yang mengamati dan
memberi tanggapan dari hasil tersebut.
ü
Pendidik memberi penguatan tata cara penyembelihan hewan dan akikah
|
Literasi
Kritik
Kritik, komunikasi, kreatif
Kolaboratif, kreatif, kritis, HOT
|
65
m
|
||||
|
Penutup
ü
Bersama-sama melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
ü
Pendidik memberi apresiasi
terhadap hasil kerja siswa
ü
Pendidik menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri
terstruktur.
ü
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa
|
Literasi
Pembinaan Karakter
|
10
m
|
I. PENILAIAN
Ø
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap Selama Proses Pembelajaran
No
|
Nama Peserta Didik
|
SIKAP
|
Jml Skor
|
||||||
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Pedul
|
Kerja Sama
|
Santun
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman penskoran :
·
Sangat baik :
skor 5
·
Baik :
skor 4
·
Cukup :
skor 3
·
Kurang :
skor 2
·
Sangat kurang :
skor 1
Nilai Akhir :
|
Jumlah
skor
Skor maksimal
|
X 100 = .....
|
Ø
Penilaian Aspek Pengetahuan
Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Qurban berasal dari kata قَرُبَ yang berarti ....
a. beribadah c. mendekatkan diri
b. memberikan d. menyembelih
2. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص م : مَنْ وَجَدَ سَاعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ
يَقْرَبَنَّ مُصَلَّنَا (رواه ابن ماحه)
Kandungan pokok hadits di atas menganjurkan
untuk ….
a. shalat idul adha c. menyembelih hewan aqiqah
b. menyembelih hewan qurban d. shalat idul fitri
3. Ibu Aminah berjanji apabila telah sembuh dari sakit yang
dideritanya akan menyembelih hewan qurban. Setelah sembuh. Menyembelih hewan qurban bagi ibu
Aminah hukumnya ....
a. makruh c. sunnah muakkad
b. sunnah d. wajib
4.
أَرْبَعُ لاَ تُجْزِئُ فِى الاَضَاحِى
الْعَوْرَاءُ الْبَيِّنُ عَوْرُهَا وَالْمَرِيْضَةُ الْبَيِّنُ مَرَضُهَا
وَالْعَرْجَاءُ الْبَيِّنُ ظَلْمُهَا وَالْعُجْفَاءُ الَّتِى لاَ تُنْفِى (رواه
ابو داود)
Berdasarkan hadits di atas, cacat pada hewan yang tidak
boleh dijadikan qurban adalah ....
a. buta matanya c.
pincang
b. sakit d.
belum berumur
5. Pembagian daging qurban
yang dibenarkan adalah ....
a. 1/3 untuk yang tidak mampu c. 2/3 untuk yang berqurban
b. 1/5 untuk siapa saja d. 1/3 untuk orang kaya
6. Aqiqah berasal dari bahasa
arab yaitu عَقَّ yang
berarti ....
a. sukuran c. membelah
b. kelahiran anak d. ibadah
7. Pak Harun adalah orang yang
mampu, ketika putra keduanya lahir laki-laki, beliau menyembelih 2 ekor
kambing. Perbuatan pak Harun hukumnya ....
a. wajib c. Sunnah ghairu muakkad
b. sunnah d. mubah
8. Satu diantara syarat sah hewan untuk aqiqah adalah ….
a. mahal harganya c. gemuk
b. bulunya hitam d. terlalu tua
9. Hal yang tidak disunnahkan ketika menyembelih aqiqah adalah ….
a. membaca sahadat c. menajamkan alat penyembelihan
b. membaca basmalah d. membaca shalawat
10. عَنْ عاَئشةَ
قَالتْ : أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَعُقَّ عَنِ
الغُلاَمِ شَاتَيْنِ وَعَنِ الجَاريَةِ شَاةً (رواه إبن ماجه)
Maksud potongan hadits yang diberi garis bawah
adalah ….
a. mencukur rambut anak c. setiap anak tergadai dengan aqiqahnya
b. aqiqah anak laki-laki 2 ekor kambing d.
dipotong hari ke-7 dari kelahiran
Tes Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan jelas
1. Sebutkan sunnah-sunnah
qurban?
2. Jelaskan syarat-syarat
hewan kurban?
3.
مَنْ ضَحَى قَبْلَ الصَّلاَةِ فَإِنَّمَا ذَبَحَ لِنَفْسِهِ
وَمَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاَةِ فَقَدْ اَتَمَّ نُسُكَهُ وَاَصَابَ سُنَّةَ
المُسْلِمِيْنَ (رواه مسلم)
Jelaskan kandungan
pokok hadits di atas?
4. Sebutkan
hal-hal yang disunatkan ketika akikah?
5. Sebutkan
perbedaan antara
kurban dan akikah?
Kunci Jawab PG
1.
C
2.
B
3.
D
4.
D
5.
A
6.
C
7.
B
8.
C
9.
A
10.
B
Kunci Jawab Essay
1.
Sunnah-sunnah kurban :
- Membaca Basmalah
-
Membaca
salawat nabi Shalawat Nabi
-
Membaca
takbir
-
Disembelih
oleh yang berqurban, dan jika disembelih oleh orang lain disunnatkan dia hadir
ketika menyembelih.
-
Membaca
doa بِاسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآِلِ مُحَمَّدٍ
وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ (رواه مسلم و ابو داود)
2.
Syarat hewan kurban :
- Sehat/gemuk
- Tidak cacat. Cacat
yang dapat menyebabkan binatang tidak dapat dipakai untuk qurban adalah sakit mata (buta), Sakit (tidak sehat), Pincang kakinya dan terlalu kurus, dan tua sekali sehingga seakan
tidak bersumsum.
- Cukup umur. Nabi
mensyaratkan cukup umur dengan bahasa musinnah (sudah berganti gigi seri).
§
Unta sudah berumur minimal
5 tahun (الإِبِلُ),
berlaku untuk 7 orang.
§
Sapi sudah berumur minimal 2
tahun dan berlaku untuk 7 orang.
§
Kerbau berumur minimal 2 tahun
dan berlaku untuk 7 orang.
§
Domba berumur 1 tahun الضَّأْنُ dan berlaku untuk 1 orang .
§ Kambing berumur minimal 2 tahun dan
berlaku untuk 1 orang.
3.
Menjelaskan tentang waktu pelaksanaan kurban, yaitu dilaksanakan
pada hari raya idul adha setelah shalat id dan hari tasyrik (11, 12, 13
dzulhijjah)
4.
Sunnah-sunnah akikah :
- Sebelum menyembelih
hendaknya membaca basmallah (بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيْمِ)
- Membaca salawat nabi
- Membaca doa :
بسْمِ اللهِ
الرَّحْمن الرَّحِيْمِ اللهُمَّ رَبَّى اِنَّ هَذِهِ عَقِيْقَةُ .... بَنْ .... .
اللهّمَّ اْجْعَلْهَا فِدَادًا لِ .... ابن .... مِنَ النَّارِ
5.
Perbedaan kurban dan akikah :
No
|
Qurban
|
Aqiqah
|
1
|
Qurban dilaksanakan pada tanggal 10 s/d
13 Dzulhijjjah
|
Akikah disyariatkan berkenaan dengan
kelahiran anak
|
2
|
Qurban disyariatkan untuk dilaksanakan
setiap tahun
|
Aqiqah disyariatkan satu kali seumur
hidup
|
3
|
Binatang cukup 1 ekor kambing/domba
|
1 ekor kambing/domba untuk anak
perempuan, 2 ekor kambing /domba untuk anak laki-laki
|
4
|
Seekor unta/sapi/kerbau boleh untuk 7
orang
|
Selain kambing/domba tidak boleh
digunakan.
|
5
|
Daging kurban dibagikan sebelum dimasak
|
Daging aqiqah dibagikan dalam keadaan
matang/siap saji
|
Pedoman Penskoran :
Soal Pilihan Ganda :
Kegiatan
|
Skor
|
Jawaban tiap item benar
|
2
|
Jawaban salah
|
0
|
Soal Essay :
Rubrik Penilaian :
Nol
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan >= 4 sunnah kurban dengan sempurna, skor 6
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan 3 sunnah kurban, skor 4
c.
Jika peserta didik dapat menuliskan 2 sunnah kurban, skor 3
d. Jika peserta
didik dapat menuliskan 1 sunnah kurban, skor 2
e. Jika peserta
didik tidak dapat menuliskan sunnah kurban, skor 0
|
6
|
2
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan 3 syarat hewan kurban dengan sempurna, skor 6
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan 2 syarat hewan kurban dengan sempurna, skor 4
c.
Jika peserta didik dapat menuliskan 1 syarat hewan kurban dengan sempurna, skor 2
d. Jika peserta
didik tidak dapat
menuliskan syarat hewan kurban, skor 0
|
6
|
3
|
a.
Jika peserta didik dapat menjelaskan kandungan pokok hadits dengan lengkap,
skor 6
b.
Jika peserta didik dapat menjelaskan kandungan pokok hadits kurang lengkap,
skor 2 - 5
c.
Jika peserta didik tidak dapat
menjelaskan kandungan pokok hadits,
skor 0
|
6
|
4
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan 3 sunnah akikah, skor 6
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan 2 sunnah akikah, skor 4
c.
Jika peserta didik dapat menuliskan 1 sunnah akikah, skor 2
d. Jika peserta
didik tidak dapat
menuliskan sunnah akikah, skor 0
|
6
|
5
|
a.
Jika peserta didik dapat menuliskan >= 4 perbedaan kurban dan akikah, skor 6
b.
Jika peserta didik dapat menuliskan 3 perbedaan kurban dan akikah, skor 4
c.
Jika peserta didik dapat menuliskan 2 perbedaan kurban dan akikah, skor 3
d. Jika peserta
didik dapat menuliskan 1 perbedaan kurban dan akikah, skor 2
e. Jika peserta
didik tidak dapat
menuliskan perbedaan kurban dan akikah, skor 0
|
6
|
Penghitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :
Nilai akhir =
|
skor pilihan ganda + skor uraian x 2
|
= ...........
|
Ø Penilaian Aspek Ketrampilan
Penilaian menyusun laporan pelaksanaan kurban dan Akikah
Penilaian Keterampilan
|
JUDUL
……………………………………………………………………………………………………………..………………………
………………………………………………………………………………………………………..……………………………
…………………………………………………………………………………………………………..…………………………
…………………………………………………………………………………………………………..…………………………
|
Rubrik penilaian :
Rubrik
Penilaian portofolio Laporan Praktikum
|
||
No
|
Komponen
|
Skor
|
1
|
Kebenaran
Konsep
|
Skor 15 jika seluruh
konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 10 jika
sebagian konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jika
semua konsep bidang studi pada laporan salah
|
2
|
Kelengkapan
gagasan
|
Skor 15 jika
kelengkapan gagasan sesuai konsep
Skor 10 jika
kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep
Skor 5 jika
kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep
|
3
|
Sistematika
|
Skor 15 jika
sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati
Skor 10 jika
sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati
Skor 5 jika
sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati
|
4
|
Tata bahasa
|
Skor 15 jika tata bahasa laporan sesuai aturan
Skor 10 jika tata bahasa laporan kuang sesuai aturan
Skor 5 jika
tata bahasa
laporan tidak sesuai aturan
|
Nilai
|
Jumlah nilai skor
yang diperoleh
Skor maksimal
|
X 100 = ..........
|
J. PENGAYAAN
Pendidik memberikan tugas
tambahan kepada peserta didik yang sudah
menguasai materi untuk menghafalkan dalil-dalil tentang kurban dan akikah dan menyerahkan hafalan langsung ke pendidik.
K. REMEDIAL
Pendidik memberi tugas
kepada peserta didik yang belum menguasai materi untuk membuat laporan kurban
atau akikah yang pernah dilaksanakan oleh keluarga di rumah atau tetangga,
kemudian melaporkan hasilnya kepada pendidik.
Mengetahui, Indramayu, ……………………… 2018
Kepala MA Al-Syarifiyah
Bondan, Guru Mata Pelajaran
SUFYAN JAUHARI, S.Pd.I ALMUNTSIR
LIDINILLAH, S.Pd.I
NIP. - NIP. -
No comments:
Post a Comment