1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi
masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan
....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna
istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan
kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit
merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng,
globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media
adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai
tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang
tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan
dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi
dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
7. Peserta didik telah memiliki yang memiliki
moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan
...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler,
melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya
memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai
pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas
kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan
potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang
disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia
dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal
....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud
dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan
belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi
tertentu
13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan
situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis),
mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola),
menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar
tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah
sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat
dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang
memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas
sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang
baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur
kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan
proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran
terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber
belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi
Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran,
sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana
proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi
dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi
dasar
B. Silabus bersumber dari
standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar
kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap
guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP
dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar
berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari
silabus
D. Alokasi
waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk
mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan
pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah
dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen
RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
23. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol
menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman,
aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A. Role
Playing
B. Inquiry
C. Problem
Solving
D. Picture
and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru
dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk
melaksanakan diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang
mengikti pembelajaran
D. Motivasi
belajar siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
28. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika
seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik
lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar
peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi
pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab
sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah satu
prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman,
tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan
tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya hubungan yang
konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri
kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni
Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya,
tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan.
Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi
kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari
materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap
lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti
pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan
tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual,
kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam
kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun
strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam
pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik
terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya
siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari
media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan
kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi
pembelajaran.
35. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat
menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan
jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan
media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang
dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis
TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu
dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat
memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki
beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus
diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan,
tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media,
visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan
dan karakteristik media
37. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan
sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut
yang benar terkait dengan media pembelajaran
adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik adalah
media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua
kegiatan
pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan
dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan
agar tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang
bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu
besar
B. Membuat konkrit konsep yang
abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini
dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan
efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan
besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran
sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya
pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar
didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya
untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati
dengan mata telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan
catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara
umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk
mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan
Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. program penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat
menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search
engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain
google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat,
tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft
yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
- Microsoft
Database
- Microsoft
PowerPoint
- Microsoft
Desktop
Publishing
- Microsoft
Word
44. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik
perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai
teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik
kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk
memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model
pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah
sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru
berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a
guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang
mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan
model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua
anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario
secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model
pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
(Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak
berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri
atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model
pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake
siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan
intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi
dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut,
kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik
dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan
pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai
bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan
pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau
kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut
pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat
pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran
baru
C. Mengetahui jumlah siswa
yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih
waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk
menilai perilaku siswa dalam
proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes
hasil belajar
55. Sebelum guru menyusun
soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali
harus dipelajari:
A. Buku sumber yang
digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian
kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
56. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil
belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan
data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan
bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan
kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian
harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian hasil
belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal
memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur
mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan
komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk mengetahui prestasi belajar yang
dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan
dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan
baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan
acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar
peserta didik
B. Penilaian proses
pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian
standar kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah penafsiran hasil
pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil
belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai,
perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan
hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru
sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat
kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat
variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan program remidi bagi peserta
didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan
test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test
ulang
63. Salah satu prinsip merancang program
remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk
siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
64. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM)
merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada
prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan
cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap
tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa
yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil
ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan
pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil
post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif
berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes.
Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan
atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan norma
68. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut
dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian
pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan
pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan
dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian
yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma
69. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai
suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok
peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan
merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan
prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan
yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi
teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian
yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan
mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian
yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan acuan kriteria berdasarkan
pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan program remedial dan
pengayaan
D. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya
banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan
data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata
hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15
sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah
15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat
dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD
tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut
remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
78. Upaya
merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat
kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar
rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial pada dasarnya
adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan
test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test
ulang
80. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik
tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk
siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang
berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada
pengulangan penjelasan materi
81. Agar
dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan
kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis
tindakan
D. menyusun proposal penelitian
82. Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja
dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan
kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan
kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang
dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan
PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud
adalah ….
A. A. observasi --> refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan
tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi -->
pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->
observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling tepat
disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh permainan peran dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu
menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara menggunakan alat peraga yang
berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal
dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang
diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas
(PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap
dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan,
kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta
mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus
menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran
dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang komponen-komponen yang harus
dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan
dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis
tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
96. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi
ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik.
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi belajar peserta
didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan peserta
pendidik.
97. Kegiatan
yang harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses
dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri terhadap hasil
belajar yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai
dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan
oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran
sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh
pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya
sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik dilakukan dengan
sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan
oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui keberhasilan belajar
peserta didik, baik selama maupun setelah peserta didik mengikuti pembelajaran
tertentu dapat dilihat melalui pengamatan keaktifan peserta didik dalam
bekerjasama atau wawancara tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta
didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat
menjelaskan memberikan penjelasan tetang hasil wawancara atau pengamatan
diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak aktif dalam
mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang
dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal peserta didik untuk
mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita memberikan respon
negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
No comments:
Post a Comment